(+62 21) 8795 1319 office@elangsatriatangguh.co.id

Selain harus memiliki sikap, perilaku dan pelayanan prima yang baik untuk tamu, klien atau staff lain. Seorang security atau satpam yang ada di Instansi/Perusahaan juga harus mempunyai bekal pengetahuan serta keterampilan dasar untuk menunjang pekerjaannya.

Pengetahuan dan keterampilan dasar yang wajib security/satpam ketahui ada 11.Kami sudah buatian 11 Basic Skill Security agar memudahkan anda untuk belajar skill apa saja yang harus anda miliki jika anda ingin terjun di bidang ini. Apa saja 11 Basic Skill Security tersebut? Silahkan simak penjelasan kami di bawah ini.

1. Skill Pengetahuan dan Kemampuan Polisi Yang Terbatas

Seperti yang tertera pada UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 2 TAHUN 2002 TENTANG KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA. Menjelaskan bahwa pengetahuan dan kemampuan polisi untuk memberikan fungsi, kewenangan, dan area kerja anggota satpam.

2. Skill Bela Diri Polisi RI

Beladiri Polri yang diberikan untuk anggota Security atau Satpam ditujukan untuk membekali Satpam dalam melakukan pertahanan diri. Pertahanan diri saat security menghadapi serangan dari orang lain baik dengan menggunakan senjata tajam ataupun senjata yang tumpul.

Bela diri merupakan sebuah usaha untuk melindungi diri atau membela diri kita sendiri dari serangan manusia atau yang lainnya. Seni bela diri ini juga terbagi menjadi beberapa jenis. Yaitu seni tempur bersenjata tajam, senjata yang tidak tajam seperti kayu, dan seni tempur menggunakan tangan kosong.

3. Skill Pengenalan Bahan Peledak

Seorang security atau satpam harus mempunyai bekal pengetahuan dan pengenalan macam macam janis peledak. Selain itu juga harus tahu bagaimana cara bersikap jika suatu saat menemui permasalahan yang ada bahan berbahaya/peledak.

4. Skill Pengenalan & Pemahaman Bahan Berbahaya (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya)

Dengan bekal pengenalan bahan Narkotika dan sejenisnya. diharapkan security dapat mengenal serta mempunyai pengetahuan yang bisa dibawa saat mengerjakan tugas. Security juga diharapkan mampu membedakan yang mana bahan yang berbahaya dan yang bukan.

5. Skill Keterampilan Tongkat & Drill Borgol

Beberapa senjata yang tidak asing dibawa oleh polisi maupun satpam ialah tongkat dan borgol. Oleh karenanya, seorang polisi atau security harus mampu dan mengerti cara menggunakan alat tersebut sebagai pendukung pelaksanaan pekerjaan. Ada berbagai teknis tongkat dan drill borgol yang mana semua harus dimengerti dan bisa dipraktekkan oleh petugas keamanan.

6. Skill PBB (Pengetahuan Baris Berbaris) dan Penghormatan

Sebagai seorang petugas keamanan pastinya tidak asing dengan PBB. PBB adalah skill yang selalu guru ajarkan semenjak kita berada di sekolah dasar atau di jenjang pendidikan awal. Tujuan diberikannya keterampilan PBB & Penghormatan ini ialah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan, disiplin sehingga dengan demikian senantiasa dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan individu, dan secara tak langsung juga menanamkan rasa tanggung jawab.

7. Skill K3 & Lingkungan

Seorang security harus mampu melakukan pencegahan dan penerapan K3 dalam lingkungan pekerjaan. Karena di setiap pekerjaan pastinya memiliki berbagai resiko yang berbeda. Oleh karena itu seorang security/satpam harus paham dasar K3 di lingkungan kerja atau di luar.

8. Skill Dasar Komunikasi & Alat Keamanan

Dasar komunikasi security ialah melalui Radio komunikasi (HT). Radio komunikasi berfungsi untuk memberikan laporan kepada personil atau anggota lain. Laporan-laporan tersebut dapat dilakukan untuk menginformasian situasi yang terjadi di lokasi dimana personil tersebut di tempatkan, dan supaya diketahui oleh personil lain yang berposisi di lokasi masing-masing.

Selama dalam piket seorang securityn yang memiliki fasilitas HT dilarang keras mematikan sarana tersebut, guna mendapatkan laporan dari rekan-rekan sesama piket. Dan apabila di panggil oleh personil lain wajib menjawab apabila personil tersebut dapat menerima input dari personil yang memanggil.

9. Skill Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli

Satpam/security membuat pengaturan dengan tujuan untuk menegakkan tata tertib yang berlaku di lingkungan kerja. Khususnya yang menyangkut keamanan dan ketertiban atau tugas-tugas lain yang diberikan oleh Shift Leader, Security Supervisor, ataupun Chief Security Officer.

10. Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara

Security bersama Shift Leader harus memahami bagaimana cara mengambil langkah atau tindakan pertama bila terjadi suatu tindak pidana atau kejadian perkara.

11. Pembuatan Laporan Berita Acara Pemeriksaan (BAP)

Seorang security mampu membuat laporan kepada atasan. Dalam hal ini laporan tersebut bisa berupa segala sesuatu yang perlu atasan atau pihak perusahaan ketahui.